Skip to content

Jadilah Diri Sendiri! – Sebuah Renungan

20 Maret 2009

Sering kita dengar kata-kata bijak di atas : Jadilah dirimu sendiri!

Maksudnya (mungkin), janganlah ikut-ikutan atau bertingkah seperti orang lain. Atau juga ada yang menterjemahkan menjadi diri sendiri adalah tidak mengikuti trend, tapi punya style sendiri.

Tapi ya ada juga yang berlindung di balik kalimat tersebut di saat berperilaku yang mungkin dapat saja orang lain pandang negatif. Saat ditanya, kok kamu gitu sih? Jawabnya dengan enteng : “So what gitu loh, this is my self gitu loh..”🙂

Beberapa waktu belakangan ini, kata-kata tersebut entah kenapa jadi sering terngiang. Jadilah kuadakan suatu renungan, yang hasilnya kutulis di sini.

Beberapa alasan kenapa orang bilang : “Jadilah dirimu sendiri!” :

  • Kurang percaya diri. So untuk menutupi dan supaya tidak gemetaran, dipakailah kata sakti itu : “Aku ini apa adanya, inilah diriku, aku menjadi diriku sendiri!”
  • Berbuat kesalahan. Alih-alih refleksi diri, yang ada pembelaan dan pembenaran diri. “Ngga papa kok, ini kan diriku sendiri. What’s wrong with that?”
  • Terlalu percaya diri dan arogan. Yah.. tau sendiri lah bagaimana orang yang seperti itu..

Setelah kupikir-pikir, masuk yang manakah diriku? Hah.. semua alasan di atas negatif semua ya?🙂

Ya memang, sehingga sampailah aku pada kesimpulan, bahwa menjadi diri sendiri itu, kalau bukan negatif, ya belum tentu juga positif. Padahal banyak juga yang bilang : Be Positive! Tuh kan..

Jadi, buat apa berusaha jadi diri sendiri, kalau diri sendiri yang saat ini saja masih belum baik? Mengikuti trend (yang baik) tidak ada salahnya kan? Manusia punya akal budi yang harusnya selalu berkembang melalui proses pembelajaran, dengan melihat role model yang lebih baik yang ada di sekitar. Meniru belum tentu buruk, karakter yang dimiliki seseorang tentunya juga hasil dari tempaan pengalaman dan interaksi dengan lingkungannya.

Jadi, stoplah jadi dirimu sendiri yang sekarang ini, berubahlah terus, jadilah dirimu yang lebih baik!

12 Komentar leave one →
  1. sepihak permalink
    20 Maret 2009 00:47

    Setuju… walaupun terkadang menjadi diri sendiri jauh lebih baik dari pada menjadikan diri lebih baik.

  2. pimpii permalink
    21 Maret 2009 16:47

    Sulit jadi diri sendiri jika listrikpun harus beli dari negara tetangga…

    • 21 Maret 2009 22:21

      haha.. sabar aja bro, siapa tau besok-besok negara ini bisa jual listrik ke tetangga.
      Doakan saja!🙂

  3. 21 Maret 2009 17:33

    Kalo ak mah…apapun kekurangan kita..apapun kelebihan kita tetaplah menjadi diri sendiri aja bro…salam kenal ya bro!!!

    • 21 Maret 2009 22:37

      Betul bro, kita memang patut bersyukur apapun kekurangan dan kelebihan yang sudah Tuhan berikan pada kita. Namun kalau kita diberi kesempatan untuk memperbaiki kekurangan diri kita untuk lebih baik dan lebih baik lagi, bukankah itu juga sesuatu yang baik untuk kita lakukan?
      Salam kenal juga my bro!

  4. 22 Maret 2009 02:45

    setuju mas…seiring waktu untuk selalu berubah kearang yang lebih baik, jangan terlalu nyaman pada keadaan yang sehingga lupa untuk berubah…….

  5. 23 Maret 2009 08:31

    ya pastinya dong,,, jadi diri sendiri lebih enak daripada jadi orang laen..😀

  6. 23 Maret 2009 16:27

    emang enak jadi diri sendiri banyak kelebihan yang belum tentu dipunyai orang lain terlepas kita punya kelemahan

  7. 24 Maret 2009 18:42

    wahhhhhh……… yang penting jadi diri sendiri mo jelek, mo gima kek manusia biasa bersukur kepada Tuhan karena inilah diriku yang dilahirkan sebagai manusia biasa ……. OK

  8. Hamba Allah permalink
    9 April 2010 04:26

    Just be ourself in positive ways… ^_^

  9. 22 Februari 2013 00:16

    I blog as well and I’m creating a thing comparable to this excellent post, “Jadilah Diri Sendiri!
    – Sebuah Renungan GetGot Harry Timbang on the bLog”.
    Do you really mind in case Iapply a bit of of your own suggestions?
    Thanks for the post ,Blanche

  10. 5 Agustus 2013 17:19

    I know this website provides quality dependent articles and other information, is there any other web page which provides
    these things in quality?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: