Skip to content

Telkomsel Blackberry Prepaid dengan simPATI / AS

29 April 2009

WoW udah lama banget ga nulis di blog. Selain malas :D memang kesibukan pekerjaan teramat menyita waktu banget, mau ngeblog via mobile juga malas banget ngetik panjang-panjang..

Nah sebelum akhirnya posting ini berubah menjadi curhat panjang dan ga jelas, mending langsung to the point aja dah. Di salah satu posting lama, ada kebimbangan waktu mau milih antara iPhone 3G, BlackBerry, atau Nokia (saja), tapi akhirnya dengan pertimbangan yang tidak menggunakan akal sehat, dirogohlah kantong yang cekak untuk membawa pulang sebatang BlackBerry 8310 Red Edition :D, kemudian disandingkan dengan kartu simPATI dari Telkomsel.

Nah bagi teman-teman yang belum dan pengen punya BB, segera hubungi saya untuk mendapatkan harga terbaik :D Di sini saya cuman mau berbagi kali aja ada juga yang mau menggunakan Telkomsel Blackberry Prepaid dengan simPATI / AS.

Nah layanan Telkomsel Blackberry Prepaid ini adalah layanan Blackberry Internet Service yang dapat di aktivasi/non-aktivasikan melalui SMS.  Telkomsel lah yang pertama kali meluncurkan di Indonesia lalu disusul oleh operator-operator lainnya.

Layanan ini begitu mudah digunakan sehingga menjadi pilihan favorit bagi pengguna BlackBerry pemula yang masih ingin mencoba-coba layanan operator maupun bagi pengguna yang memiliki beberapa handheld BlackBerry karena lebih mudah untuk berganti-ganti layanan (aktivasi dan non-aktivasi tanpa perlu ke galeri operator).

Waktu aktivasi layanan ini pun sangat cepat, yang berani dijanjikan operator adalah dalam 24 jam akan aktif tetapi kebanyakan sudah aktif dalam 1 – 2 jam.

Layanan BIS pre-paid ini sama dengan BIS post-paid dalam hal unlimited data selama menggunakan APN BlackBerry dan juga diberikan 10 account emails.

Nah untuk Telkomsel biayanya adalah Rp. 180.000,- / bulan, dan akan dipotong otomatis dari pulsa yang ada.

Begini lah kira-kira langkah-langkahnya :

  1. Kartu simPATI / AS nya diisi dulu supaya cukup Rp. 180.000,-. Gampangnya ya isikan voucher 100 ribu sebanyak 2 kali, jadi ada sisa pulsa Rp. 20.000, bisa buat telpon or SMS :)
  2. Kalo belum diaktifin 3G/GPRS nya ya diaktifin dulu, caranya ya kirim GPRS ke 6616 atau 3G ke 3636. Saranku sih sebaiknya di ponsel lain dulu.
  3. Nah sekarang masukin chip simPATI / AS yang sudah aktif tadi ke handheld BB mu. Jangan lupa untuk catat dulu PIN dan IMEI handheld (nanti digunakan untuk registrasi).
  4. Dari handheld BB kirim SMS ketik BB REG ke 333. Tunggu dapat balasan, nanti reply dengan isi BB ON.
  5. Kadang kala BB harus direstart dulu, matikan, cabut baterai, lalu pasang lagi.
  6. Setelah mendapat pesan bahwa BIS sudah aktif, artinya BB sudah siap digunakan. Tandanya akan muncul tulisan 3G atau GPRS / EDGE (dengan huruf besar).
  7. Buka Menu Option – Advanced Option – Host Routing Table. Lalu klik Menu – Register Now.
  8. Lalu registrasikan email mu lewat menu Email Setting, buat akun baru dengan mengisi PIN dan IMEI handheld.

Nah sesimpel itu saja sih perpaduan BlackBerry dan Telkomsel Prepaid. Yang sangat disayangkan adalah walaupun Telkomsel yang pertama, namun hanya ada pilihan langganan selama 1 bulan, bedakan dengan Indosat yang per minggu, bahkan XL yang harian :D

Untuk berhenti berlangganan, caranya ketik BB UNREG kirim ke 333.

Nah sekian dulu deh, nda bisa banyak-banyak juga, secara juga baru pake BB :D dan juga baru nyoba Telkomsel. Nanti kalo sudah nyoba yang XL atau Indosat, akan dilanjut postingannya. Terutama kalo kita gonta-ganti handheld, terus masalah release PIN, ganti atau nambah email account, ntar semuanya akan diberitahukan secara nyicil :D

Kalo ada teman-teman yang koreksi atau menambahkan, monggo silaken di comment.

50 Komentar leave one →
  1. 3 Mei 2009 13:46

    wiuh aku ga punya bb tuh mas, jadi gimana prakteknya..hehe

  2. Yudi permalink
    4 Mei 2009 15:02

    harganya BB na berapa bang?

  3. mut permalink
    20 Mei 2009 23:22

    mas.. mau nanya, udah aktivasi bb. udah ada GPRS nya.

    tapi kok di cek pulsa, kena biaya gprs nya sekian kb gitu.

    kok bisa yah? padahal cuma dipake buat fb, ym doank *yg bawaan saat aktifin bb*. belom pake browsing via browser nya.

    • 21 Mei 2009 00:50

      Coba dicek di Menu Options -> Advanced Options -> Browser
      Apakah di Default browser configuration terpilih Internet Browser atau Telkomsel.com ?
      Yang dipilih adalah Internet Browser.

      Lalu di Menu Options -> Advanced Options -> APN, seharusnya semua dikosongkan, tidak usah diisi apa-apa.

      • shera permalink
        25 Mei 2009 13:13

        ak punya BB… tp nghang trus..
        knapa yaa????

      • 14 Juni 2011 15:29

        Ass.Alhamdulillah amien.Mas mhn maaf kami dr kota Surabaya,mau menanyakan tentang meng-aktifkan Blackberry Messenger dan Facebook & Chat..Mhn informasinya dari saya,saya tunggu balasan dari mas.Tks mas & mhn maaf.Selamat beraktifitas,smg sehat & berbahagia slalu…Wass

    • hadi w permalink
      31 Desember 2009 11:47

      Mas,..sorry mao nanya saya pemakai iphone 3g s dgn menggunakan kartu simpati pede, gprs & 3g udh aktif di grapari telkomsel. Tp koq biaya gprs dipotong trus tiap menit /kb padahal kan sy dlm posisi ga akses internet, ga browshing, ga ol fb/ym. Tp begitu sy cek pulsa *887# dikenakan by gprs /menit knp ya??? apa ada yg salah dg settingan di aplikasi iphone, pls help.. Tq. Hadi

  4. fany permalink
    26 Mei 2009 22:06

    tolong donk BBku awalnya ada internet browsernya tpi ga tau knapa waktu aku aktifin wifi, Internet browsernya ngilang n ganti Hotspot Browser. gmn tu?
    oya aku pake simpati..

  5. erry permalink
    2 Juni 2009 07:56

    dengan hormat,
    Saya punya E61i, pernah pakai BB dan sukses selama sebulan. setelah itu macet. Padahal, saya sudah bayar 2 x Rp 180.000. beberapa kali saya coba aktifasi. jawaban selalu: Blackberry service currently not connected. operation not possible. padahal, teman2 lain di kantor ok2 saja. mohon solusinya. tk.

    salam,
    Erry

  6. Tebing permalink
    11 Juni 2009 10:20

    Must_GoGo, Newbie mau nanya nich. Sebulanan ini saya pake Telkomsel (Simpati)+BIS tanpa regis PIN ke website telkomsel dan make buat BBM dll semua bisa (Huruf Besa) lalu saya coba matikan setting di Mobile Network dan hanya aktipkan WI-FI, semua juga berjalan dengan baik, krn di Option/Advanced Options/Host Routing Table ada parameternya…Lalu pertanyaan saya misalkan bulan berikutnya saya tidak memperpanjang BIS telkomsel-Simpati tsb dan koneksi menggunakan WIFI di kantor apakah layanan BIS (huruf besar WIFI) untuk BBM, Push email, YM bisa berjalan seperti semula dengan memanfaatkan WIFI untuk bulan2 berikutnya.
    Trims

  7. aris permalink
    18 Juni 2009 02:41

    mas mau tanya….saya habis update os,setelah itu menu “Internet Browser” jadi g ada ya….jadi yang ada cm “telkomsel.com” dan “Browser Hotspot”…..solusinya gimana mas???

  8. BB.com permalink
    18 Juni 2009 08:58

    gt aj repot……

  9. BB.com permalink
    18 Juni 2009 09:00

    UDAH…..,
    klo ga bs jngn make BB,
    make bedak Baby ajach……,
    hhhhhhhhhh…………………..

  10. 28 Juni 2009 10:20

    Belum punya blackberry…. kapan ya

    Salam kenal mas, blog sudah saya add mas, mohon di linkback. Terimakasih.

  11. mumu permalink
    30 Juni 2009 10:32

    aku udak langganan pake as tp msh blm bs aktifin emailnya,dibntu dooonkkkkk

  12. mumu permalink
    30 Juni 2009 10:36

    udah aku cb aktifin tp ada permintaan isi email server sm user name masssss tlg dibantuuuuuu biar email msk kyk nrima sms g perlu buka yahooo ato yg lainnyaaaaaa help meee

  13. mumu permalink
    30 Juni 2009 10:37

    aku hrs isi apa user name n email servernya…..

  14. 30 Juni 2009 14:38

    Hari ini gw baru beli BB baru..alhamd senangnya, tp lum diapa2in. smoga nanti pas registernya bisa lancar n gada masalah.

  15. dodo permalink
    6 Agustus 2009 14:26

    aq belom punya BB ni…gmn ya….dari AS ada kejutan khusus gk bagi pengguna yang sudah lama….hehehehhe…salam kenal

  16. retno permalink
    6 Agustus 2009 19:26

    kalo blom punya BB gimana…mo ikut undian yg ada hadiah BBnya ahhh..

  17. nanang arianto permalink
    12 Agustus 2009 04:12

    bagai mana caranya seting ulag internet di hp bb saya karna tiba-tiba waktu mau download nga bisa

  18. 1 September 2009 18:51

    senangnya pnya blackberry bs buat apa saja,,,

  19. TIO permalink
    9 September 2009 16:44

    Gue Udah Pake layanan BIS, selama 4 bulan terakhir, eh tiba2 kemarin terputus secara otomatis, karena deposit pulsaku, kurang dari 180.000, waktu mau aktifin lagi, busyet nggak bisa2, dari kemaren pagi ampe sekarang mental terusssss, gimana neh telkomsel….?

  20. nugroho permalink
    30 September 2009 09:20

    mas mw tanya itu blackberry unlimited hanya bisa digunakan pake hp BB aja tow

  21. wina permalink
    27 Oktober 2009 00:23

    mas mau nanya tlg dbls ya..
    hp BB javelin aq gk bs browser tapi yang lainnya bs mua,
    default browser configurationnya HOTSPOT browser, jd gmn tu cr gar bs browser???
    ne hp ru beberapa hari..
    tlg ya mas solusinya

  22. yhaya permalink
    31 Oktober 2009 23:43

    layanan blakberry anda tidak dapat diaktifkan karena ada restriksi dengan layanan lain.
    ini kenapa ya ???????

  23. Rachel permalink
    23 November 2009 19:07

    Makasih bgt. Petunjuknya berhasil banget banget :)
    Akhirnya saya terlepas dari isolasi pulau Flores.
    Maklum selama ini pake BB Indosat, tapi suka ga dapet sinyal kan.
    Berdasarkan petunjuk di atas, saya baru aktivasi prepaid simpati.
    Semoga semua lancar.

    Pertanyaannya…kalau batas waktu 30 hari sudah lewat, apakah akan dikirim notifikasi untuk perpanjangan acc BB? Kalau saya lngs isi pulsa 200rb per bulan, apakah dy akan lngs autodebet? Atau ada proses registrasi ulang per bulan? Terima kasih banyak Must_GoGo

  24. 21 Desember 2009 12:35

    wah blognya keren ya, berkunjung ke blog sekeren ini bisa membuat barajakom
    ikutan keren, aku numpang keren ya sob, makasi..

  25. 24 Desember 2009 13:07

    sekarang aku pake speedy, lumayan.. dari pada beli pulsa melulu…

    • 25 Maret 2010 11:17

      itu benar sekali betol betol betol,mengunakan speedy itu pilihan yang baik.ok

  26. roo permalink
    8 Januari 2010 12:33

    mas, ko pulsa nya tiap hari berkurang terus ya ?
    sekarang tarif telkomselblackberry yang mingguan brapaa ?

  27. Agus Cahyosamsu permalink
    16 Januari 2010 09:58

    Saya pengguna BB Bold pakai simpati prepaid dan sudah reg BIS, Mau tanya bagaimana caranya setting email kantor contohnya nama_saya@kantor.co.id di BB, kalo email yang @yahoo.com dan @telkomsel.blackberry.com bisa.
    Terima kasih

  28. eddy adler permalink
    21 Januari 2010 18:24

    mas….ingintahu cara mengetahui no pin,apa di kasih sama operator atau udah tertera di handheldnya.sekian dan terima kasih

  29. 21 Januari 2010 19:16

    apa fungsi kode imei dan pin?? dimana cara mengetahui lihat di bb 9630???
    gimana cara nyeting supaya bisa internete.. ?? karena menu sangat berbeda dari yang laen-laen ?
    .. thx…
    mohon bantuahn

  30. ervan permalink
    12 Februari 2010 16:38

    Mas…. aku punya Blackberry bold 9700
    awalnya aku bs browser sepuasnya tanpa batas dengan menggunakan pulsa/tukar paket internet biasa.. setelah aku tukar paket blackberry yang harian agar aku bs BBM-an, eh malah aku gak bs browser laGI. bahkan icon browsernya gak bs dibuka lagi setelah muncul telkomsel WAP. aku pake kartu AS.. gimana ya supaya bs browser lagi walaupun harus kepotong pulsa.

  31. tunggul permalink
    20 Februari 2010 22:42

    Bung Ervan,
    Betul tuh… kemungkinan yang dipake adalah paket BB Lifestyle. Paket BB ini boong besar. Mulanya temenku ngalamin. Dia udah dipotong pulsa harian tapi bbnya ga bisa buat bbm-an seperti yang dijanjikan. Eh, abis itu, aku coba sendiri juga sama ceritanya

  32. darwin permalink
    22 Februari 2010 07:29

    Coba dicek di Menu Options -> Advanced Options -> Browser
    Apakah di Default browser configuration terpilih Internet Browser atau Telkomsel.com ?
    Yang dipilih adalah Internet Browser.

    Lalu di Menu Options -> Advanced Options -> APN, seharusnya semua dikosongkan, tidak usah diisi apa-apa.

    Menu option dimana ya boz?
    koq ga da

  33. noor irfaul huda permalink
    22 Februari 2010 13:49

    pak, BB 8320 kadang kalau buat telf sering putus sendiri kenapa ya?terus ada ndak paket yang lebih hemat unutk push email dan google talknya saja ,karena itu yang sering saya pakai>>>
    tolong comment nya ya???

    thx

  34. nopi permalink
    2 Maret 2010 10:50

    saya ada BB 8320, koq pilihan browsernya cuma ada hotspot browser sih? saya pake telkomsel juga

  35. indah permalink
    11 Maret 2010 14:40

    siang,,,,
    mau tanya dong,,,,,
    saya pengguna BB gemini. knp ya pulsa saya berkurang terus akhir2 ini tanpa saya aktifkan internetnya,,,,saya memakai operator XL,,,,
    tolong bgt dijawab yaaaaa

  36. 15 Maret 2010 22:07

    wah..belum sanggup beli bb neh mas, but it’s nice tips..

    mas,, mau nanya neh…
    hp saya nokia 5530, sim card simpati, setiap hari (bisa berkali-kali) pulsanya terkena potongan gprs terus, padahal saya tidak pernah menggunakan aplikasi yang mengakses jaringan gprs. terus pernah saya coba saat pulsa habis tidak saya isi ulang pulsanya sampai satu hari, dan dalam satu hari tersebut dapat sms dari 222 hingga puluhan sms, isinya bahwa pulsa dalam kartu prabayar tidak mencukupi untuk akses gprs. mungkinkah ini karena virus atau ada settingan hp nya, mohon pencerahannya mas, dah bingung banget neh, kalau bersedia tolong jawabannya ke email aja langsung, terimakasih sebelumnya mas.

  37. 1 April 2010 21:33

    kalo pake telkomsel, paling simple aktifasinya via UMB
    tinggal pencet *303# trus pencet ok,
    trus tinggal ikuti petunjuknya :)

  38. Robby permalink
    22 April 2010 15:02

    Mas Saya mau tanya, Saya pake simpati, bulan kemaren BIS Saya terputus karena pulsa tidak mencukupi BB memperpanjang otomatis, nah sekarang kalo Saya mau memperpanjang kembali caranya gimana ya ?
    Thanks Ya Mas…

  39. jeffry ginting permalink
    23 April 2010 08:28

    selamat pagi mau tanya cara menaktifkan bb kebetulan saya pakai simpati lama karena kemarin saya gerai telkomsel di fatmawati disarankan ke Gotsu pusat jak sel tolong dong

  40. Maulanna permalink
    27 April 2010 14:46

    Mas Saya Punya BB tapi Di Default Browser Configurationnya cuma ada hotspot browser…. gak ada internet browser gimana ya mas supaya ada internet browsernya….. makasih ya….. tolong di reply……

  41. Ahmad Zajuli permalink
    14 Maret 2012 11:36

    diBB saya paling atas tengah tertulis..”diperlukan aktivasi”..tolong dong, gmana caranya supaya bs aktif… trima kasih sebelumnya…

  42. asih permalink
    18 Juli 2012 15:28

    @asihrendra_manisimutorangnya
    say pemula banget pake bb tadinya saya pake kartu 3 sekarang mau ganti kartu simpati cara paling simple untuk browsing internetnya gim
    ana

  43. Clarissa permalink
    16 September 2012 09:20

    Pengen berhenti bbm gimana?

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

